KI KD
KI DAN KD
(KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR)
NAMA SEKOLAH :
SD NEGERI 2 MUJUR
MUATAN PEAJARAN : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
KELAS : IV (EMPAT)
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KI
1 (SIKAP SPIRITUAL)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya..
|
1.1 Menerima makna hubungan
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.2 Menghargai kewajiban dan hak
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama.
1.3 Mensyukuri
keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
1.4 Mensyukuri berbagai
bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa..
|
KI 2 (SIKAP
SOSIAL)
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
|
2.1
Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
2.2
Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
KI 3 (PENGETAHUAN)
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
3.1 Memahami
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
3.2 Mengidentifikasi
pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.3 Menjelaskan
manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.4 Mengidentifikasi
berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan.
|
K I 4 PENERAPAN PENGETAHUAN
(KETERAMPILAN)
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1
Menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu
kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.2
Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
sehari-hari.
4.4
Menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
|
Komentar
Posting Komentar