PROTA
PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM 2013
SATUAN PENDIDIKAN :
SD NEGERI 2 MUJUR
KELAS :
IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN : 2017/2018
NAMA GURU : LALU
SAMSURIJAL, S.Pd
NIP :
19840823 201101 1 015
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH
UPTD PELAYANAN PAUD DAN DIKDAS KEC PRAYA TIMUR
SD NEGERI 2 MUJUR
2017/2018
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN 2017 / 2018
SATUAN PENDIDIKAN :
SDN 2 MUJUR
KELAS : IV (EMPAT)
NO
|
TEMA
|
SUB
TEMA
|
ALOKASI
WAKTU (ME)
|
1
|
Indahnya Kebersamaan
|
1.1. Keberagaman Budaya Bangsaku
|
1
|
1.2. Kebersamaan dalam keberagaman
|
1
|
||
1.3. Bersyukur Atas Keberagaman
|
1
|
||
2
|
Selalu Berhemat Energi
|
2.1. Sumber Energi
|
1
|
2.2. Manfaat Energi
|
1
|
||
2.3. Energi Alternatif
|
1
|
||
3
|
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
|
3.1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
Rumahku
|
1
|
3.2. Keberagaman Makhluk Hidup di
Lingkunganku
|
1
|
||
3.3. Aku Cinta Lingkungan
|
1
|
||
4
|
Beberbagai Pekerjaan
|
4.1. Jenis Pekerjaan
|
1
|
4.2. Pekerjaan di Sekitarku
|
1
|
||
4.3. Pekerjaan di Sekitarku
|
1
|
||
5
|
Pahlawanku
|
5.1. Perjuangan Para Pahlawan
|
1
|
5.2. Pahlawanku Kebanggaanku
|
1
|
||
5.3. Sikap Kepahlawanan
|
1
|
||
6
|
Cita citaku
|
6.1. Aku dan cita-citaku
|
1
|
6.2. Hebatnya cita-citaku
|
1
|
||
6.3. Giat berusaha meraih cta-citaku
|
1
|
||
7
|
Indahnya Keragaman di Negeriku
|
7.1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama
di Negeriku
|
1
|
7.2. Indanya Keragaman Budaya
Negeriku
|
1
|
||
7.3. Indahnya Persatuan dan Kesatuan
Negeriku
|
1
|
||
8
|
Daerah Tempat Tinggalku
|
8.1. Lingkungan Tempat Tinggalku
|
1
|
8.2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
|
1
|
||
9.3. Bangga Terhadap Tempat Tinggalku
|
1
|
||
9
|
Kekayaan Negeriku
|
9.1. Kekayaan Sumber Energi di
Indonesia
|
1
|
9.2. Pemanfaatan Kekayaan Alam di
Indonesia
|
1
|
||
9.3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya
Alam di Indonesia
|
1
|
||
Jumlah
|
27
|
Mengetahui Mujur,
31 Juli 2017
Kepala SDN 2 MUJUR, Guru
Kelas IV
Hj. SULHIYAH, S.Pd LALU
SAMSURIJAL, S.Pd
NIP NIP
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN 2017 / 2018
SATUAN PENDIDIKAN :
SDN 2 MUJUR
MUATAN PELAJARAN : Matematika
KELAS : IV (EMPAT)
SMT
|
KD
|
Materi Pokok
|
ALOKASI
WAKTU (JP)
|
Semester
SATU
|
3.1 Menjelaskan pecahan- pecahan
senilai dengan gambar dan
model konkret.
4.1
Mengidentifikasi pecahan-pecahan
senilai dengan gambar dan model konkret
|
Pecahan Senilai
|
9 JP
|
3.2
Menjelaskan
berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal,
dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2
Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan
persen) dan hubungan diantaranya.
|
PECAHAN
·
Pecahan biasa
·
Pecahan campuran
·
Desimal
·
Persen
|
15 JP
|
|
3.3
Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan
hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
4.3
Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua
bilangan cacah maupun pecahan.
|
PENAKSIRAN
Taksiran
hasil pengoperasian dua bilangan pecahan
|
12 JP
|
|
3.4
Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.4
Mengidentifikasi faktor dan
kelipatan suatu bilangan
|
Faktor
dan Kelipatan
|
6 JP
|
|
3.5
Menjelaskan bilangan prima
4.5
Mengidentifikasi bilangan prima
|
Bilangan
Prima
|
6 JP
|
|
3.6
Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan,
factor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan
terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor
persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan,
dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari
|
FPB dan KPK
|
24 JP
|
|
Semester
DUA
|
3.7 Menjelaskan
dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat
4.7
Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan
terdekat
|
PEMBULATAN
Pembulatan hasil
pengukuran
ke satuan, puluhan,
atau ratusan terdekat.
|
9 JP
|
3.8
Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8
Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
|
SEGI BANYAK
·
Segi banyak beraturan.
·
Segi banyak tak beraturan.
|
9 JP
|
|
3.9 Menjelaskan
dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
4.9
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
|
KELILING
DAN LUAS
·
Persegi
·
Persegi panjang
·
Segitiga
|
12 JP
|
|
3.10
Menjelaskan hubungan antar garis
(sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
konkret
4.10
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret
|
HUBUNGAN ANTAR
GARIS
·
Garis sejajar
·
Garis berpotongan
·
Garis berhimpit
|
6 JP
|
|
3.11
Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam
bentuk diagram batang.
4.11 Membaca
data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram
batang
|
DATA DAN PENGUKURAN
|
12 JP
|
|
3.12
Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku
dengan menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur
sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
|
PENGUKURAN SUDUT DENGAN BUSUR DERAJAT
|
6 JP
|
|
Mengetahui Mujur,
31 Juli 2017
Kepala SDN 2 MUJUR, Guru
Kelas IV
Hj. SULHIYAH, S.Pd LALU
SAMSURIJAL, S.Pd
NIP NIP
Komentar
Posting Komentar