PROTA


PROGRAM TAHUNAN
KURIKULUM 2013








SATUAN PENDIDIKAN             : SD NEGERI 2 MUJUR
KELAS                                     : IV (EMPAT)
TAHUN PELAJARAN                : 2017/2018
NAMA GURU                           : LALU SAMSURIJAL, S.Pd
NIP                                         : 19840823 201101 1 015






DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LOMBOK TENGAH
UPTD PELAYANAN PAUD DAN DIKDAS KEC PRAYA TIMUR
SD NEGERI 2 MUJUR
2017/2018













PROGRAM TAHUNAN

TAHUN 2017 / 2018

SATUAN PENDIDIKAN           : SDN 2 MUJUR
KELAS                                     : IV (EMPAT)

NO
TEMA
SUB TEMA
ALOKASI WAKTU (ME)
1
Indahnya Kebersamaan
1.1. Keberagaman Budaya Bangsaku
1
1.2. Kebersamaan dalam keberagaman
1
1.3. Bersyukur Atas Keberagaman
1




2
Selalu Berhemat Energi
2.1. Sumber Energi
1
2.2. Manfaat Energi
1
2.3. Energi Alternatif
1




3
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
3.1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
1
3.2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
1
3.3. Aku Cinta Lingkungan
1




4
Beberbagai Pekerjaan
4.1. Jenis Pekerjaan
1
4.2. Pekerjaan di Sekitarku
1
4.3. Pekerjaan di Sekitarku
1




5
Pahlawanku
5.1. Perjuangan Para Pahlawan
1
5.2. Pahlawanku Kebanggaanku
1
5.3. Sikap Kepahlawanan
1




6
Cita citaku
6.1. Aku dan cita-citaku
1
6.2. Hebatnya cita-citaku
1
6.3. Giat berusaha meraih cta-citaku
1




7
Indahnya Keragaman di Negeriku
7.1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama di   Negeriku
1
7.2. Indanya Keragaman Budaya Negeriku
1
7.3. Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
1




8
Daerah Tempat Tinggalku
8.1. Lingkungan Tempat Tinggalku
1
8.2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
1
9.3. Bangga Terhadap Tempat Tinggalku
1




9
Kekayaan Negeriku
9.1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
1
9.2. Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
1
9.3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
1




Jumlah
27

Mengetahui                                                                              Mujur,  31    Juli     2017
Kepala SDN 2 MUJUR,                                                                       Guru Kelas IV



                Hj. SULHIYAH, S.Pd                                                                LALU SAMSURIJAL, S.Pd
                NIP                                                                                                                                       NIP 


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN 2017 / 2018

SATUAN PENDIDIKAN : SDN 2 MUJUR
MUATAN PELAJARAN  : Matematika
KELAS                                  : IV (EMPAT)

SMT
KD
Materi Pokok
ALOKASI WAKTU (JP)
Semester
SATU
3.1 Menjelaskan pecahan- pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret


Pecahan Senilai
9 JP
3.2  Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.

PECAHAN
·         Pecahan biasa
·         Pecahan campuran
·         Desimal
·         Persen

15 JP
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.

PENAKSIRAN
Taksiran hasil pengoperasian dua bilangan pecahan
12 JP
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan

Faktor dan Kelipatan
6 JP
3.5 Menjelaskan bilangan prima
4.5 Mengidentifikasi bilangan prima

Bilangan Prima
6 JP
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, factor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

FPB dan KPK
24 JP




Semester
DUA



3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.7 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat

PEMBULATAN
Pembulatan hasil
pengukuran ke satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.

9 JP
3.8 Menganalisis segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan




SEGI BANYAK
·         Segi banyak beraturan.
·        Segi banyak tak beraturan.

9 JP
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga

KELILING DAN LUAS
·        Persegi
·        Persegi panjang
·        Segitiga

12 JP
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret

HUBUNGAN ANTAR GARIS
·         Garis sejajar
·         Garis berpotongan
·         Garis berhimpit

6 JP
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
4.11 Membaca data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

DATA DAN PENGUKURAN
12 JP
3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

PENGUKURAN SUDUT DENGAN BUSUR DERAJAT
6 JP





Mengetahui                                                                               Mujur,  31    Juli     2017
Kepala SDN 2 MUJUR,                                                                       Guru Kelas IV



                Hj. SULHIYAH, S.Pd                                                                LALU SAMSURIJAL, S.Pd
                NIP                                                                                                                                       NIP 



Komentar